Terkadang keinginan untuk menjadikan ban motor menjadi tubeless atau tanpa ban dalam terhalang soal biaya membeli ban luar khusus tubeless yang bisa sampai 2x lipat harga ban biasa…lihat saja harga ban IRC road winner atau sejenisnya yang sampai 300an ribu,membuat orang berpikir ulang untuk membeli ban baru,,lha wong harga ban biasa irc ukuran 2.75 (80×90) cuma 140 ribu…
tapi bukan orang Indonesia kalau tidak “ubet” atau berupaya mencari jalan lain,,,nah alih2 membeli ban khusus tbeless,mending pakai ban sudah ada saja buat dijadikan tubeless,caranya??bermodalkan uang 15 ribu ntuk beli “pentil” tubeless,dan Rp 5000 untuk pemasangannya..dan ternyata bisaa,asalkan pelegnya rapet atau peleg minimal “racing” dan ban luar dalam kondisi bagus belum pernah kena paku,usut punya usut yang penting tekanan untuk memompa harus gede,agar cepet rapet,,,
tapi ternyata ban tubeless “jadi2an” ini bukan tanpa resiko,ya….ban ini kan dirancang buat pakai ban dalam,bukan tubeless jadi kompon ban tidak kuat menahan angin “liar” di dalam ban,jika kita lihat ke sisi dalam ban luar yang khusus tubeless terlihat permukaannya halus,berbeda dengan ban biasa yang terlihat urat2 benang ban,,,,karena itulah jadilah ban gampang bocor alusss alias angin keluar lewat celah2 kecil di ban.,
jadi kalau memang berniat menjadikan ban tunggangan ya harus berani modal demi kedepannya itu sendiri,tentu gak mau repot kan suatu saat nanti??
hayo siapa yang pernah praktekin?? TMT sendiri belum pernah lha kan TMT si “tukang bengkelnya” yang dandanin tu ban biasa jadi tubeless,hehehehe pernah TMT masang ban standar megapro yang 2.75 ngeyel pingin tubeless tapi ndalalah pentil tubelessnya habis ya sudah ambil pentil ban dalam motor dimodifikasi sendiri…alhasil ternyata ukuran 2.75 susah buanget dipasanginnya,karena bentuknya yang “membundar” bukan menyudut seperti 80×90…dengan bantuan “bosss” akhirnya bisa juga,upahnya?? 20 rebu modal keringat aja tuh,,xixixixixi 🙂 curhat dikit gak papa lah
pernah nyoba??komentarnya jangan lupa…
16 responses to “Semua Jenis Ban Motor Bisa Dibuat Tubeless,TAPI…..”
vanz21fashion
Agustus 26th, 2011 pukul 22:57
:-p lebih baik pakai yg sesuai peruntukannya omboss 🙂
souverein
Agustus 27th, 2011 pukul 03:47
sebaikya memang begitu,,,tapi dasar manusia pingin ngirit tapi nggaya 🙂
ipanase
Agustus 26th, 2011 pukul 23:03
josssssssssssssssssssss
souverein
Agustus 27th, 2011 pukul 03:47
asekkkkkkkkk
motorjoss
Agustus 26th, 2011 pukul 23:10
podium :mrgreen
http://motorjoss.wordpress.com/2011/08/26/prinsip-dasar-kerja-mesin-sepedamotor/:
souverein
Agustus 27th, 2011 pukul 03:48
sikat manggggg
gogo
Agustus 27th, 2011 pukul 14:16
tetap pake ban yg semestinya.. biar kedepannya aman
souverein
Agustus 27th, 2011 pukul 16:12
indonesia memang aneh2
dave
Agustus 27th, 2011 pukul 15:40
pentingin kesalamatan,,
beda 150-160rb,,
tapi kalo tiba2 meledak di tengah jalan?
souverein
Agustus 27th, 2011 pukul 16:12
kalo meledak ya duarrrrrrrrrrrrrrrr,,,xixixixixxi
josh
Mei 3rd, 2012 pukul 17:20
Trik yang bagus,tapi kalo ane mending pilih yang sesuai kegunaannya aja
stefanus
November 20th, 2012 pukul 11:52
belum ada duit buat ganti…hihihihih
Yoyok Efendi Mayayuliana
Juli 1st, 2013 pukul 11:13
http://yoyokefendi99.blogspot.com/
Yoyok Efendi Mayayuliana
Juli 1st, 2013 pukul 11:13
sip kang kalo ban mobil tubles masuk angin kembung diatasi pake ban dalam bisa gak http://yoyokefendi99.blogspot.com/
Montir jadi2an
Mei 3rd, 2014 pukul 19:54
ane udah pake hampir 3 bulan, ban tube ane rubah jadi tubeless, no problemo tuh gan, aman2 aja, hehe
San motor
September 2nd, 2015 pukul 15:03
Sy dh buat bgt, ban jd thn bcr, hny tmbh biaya ckp bsr tuk pentilny & cairan anti bcr, alhamdulilah hmpr 4 gk kebannan