akhir2 ini sering sekali adanya operasi lalu lintas yang target utamanya adalah alaypengendara sepeda motor,walaupun surat2 sudah lengkap tapi tetap saja rasa was2 dan tegang tiap melihat polisi masih saja ada,karena yang punya blog paling malas berhadapan ama polisi lalu lintas,

paling males antri kaya gini,apalagi mesti ngluarin dompet

alasannya

1.males liat muka polisi yang gak friendly user alias gak ramah.

2.males ngantri nunggu giliran diperiksa

3.males ngluarin dompet😯

4.lagi pengen cepet sampai tujuan😆

nah karena saking malesnya berhenti, TMT (panggilan yang punya blog)hehehe.. jadi punya pikiran gimana caranya lolos dari hadangan   operasi :twisted:  pak pol,lha ndlalah setiap dipikirin gak pernah ketemu caranya,ato pas dipraktekin ternyata caranya gagal,

nah tapi ternyata pas kejadian  ada operasi lalin kok ya TMT malah langsung dapet wangsit biar lolos,berikut adalah cara lolos dari operasi lalin yang TMT pakai dengan PENGALAMAN PRIBADI TMT SENDIRI.

**CARA PERTAMA:

KENALI TANDA ADANYA OPERASI LALIN yaitu:

1.jalanan terasa lengang atau sepi

2.lampu pengendara motor dari arah berlawanan pada hidup (efek pemberlakuan AHO)

3.ada pengendara yang memberi isyarat 2 jari tanda ada operasi

4.kenali daerah yang biasa digelar operasi (biasanya setelah tanjakan atau turunan atau setelah belokan)

5.bila semua tanda sudah ada dan tak jauh ternyata terlihat ada pak pol yang sembunyi maka cara meloloskan diri (kalo GAK BAWA SURAT) yaitu jangan gugup dan langsung ngerem karena dijamin langsung ditangkep tapi pelan2 belok ke kiri sambil nyalakan sein kalo perlu cari bengkel,toko atau tukang tambal ban didekat situ(kalau ternyata pakpol disitu ya tamat deh:mrgreen: ),tunggu beberapa saat,setelah itu balik dan cari jalan memutar masuk desa atau jalan lain,atau menunggu sampai selesai bila tak mau repot.

**CARA KEDUA:

BILA JALANAN RAMAI DAN SUDAH TAK MAMPU BELOK MAKA jangan jalan di pinggir tapi agak ke tengah atau cari posisi di belakang mobil atau truk seolah mau mendahului (INGAT TETAP JANGAN GUGUP)BERSIKAP SEOLAH LENGKAP.kalau jalannya macet ya pokoknya tetep ambil kanan sambil NYELIP dah.

**CARA KETIGA

BILA JALANAN SEPI  jalan dengan kecepatan konstan dan jalan agak ke tengah sambil “ngedim” atau gampangnya gonta-ganti lampu jauh dan dekat seolah kenal sama pakpol sambil angkat tangan kiri seolah menyapa.(padahal jane gak kenal).insyaAllah minggir tuh pakpol,

**CARA KEEMPAT

BILA ternyata masih disuruh minggir ya ikuti saja pakpolnya nah ini tergantung ama kondisi operasinya gimana kalu semrawut alias ngantrinya gak tertib diperiksa alias pakpol kurang nih, ya pakai trik ini yaitu nyelip2 antara pengendara lain dan kalau ditanya pakpol bilang saja sudah diperiksa…dan jangan grusa grusu nyelipnya biar gak ketahuan,santai aj

DAN INGET NI PENTING BANGET KALU SUDAH LOLOS JANGAN TENGOK2 BELAKANG!!

kalo gak berhasil (beda wilayah dan keadaan) dan kena tilang ya berdoa biar gak kena banyak,tapi alhamdulillah TMT sampai sekarang masih bisa lolos pakai cara diatas.kalaupun kena tilang dan anda punya saudara di kepolisian maka JANGAN TANDA TANGANI SURAT TILANG biar bisa diambil sodaranya atau temannya…paling cukup kasih rokok 2 bungkus